Tiga Negara Arab Ini Kucilkan Qatar, Tuduhannya Tak Main-main: Menyokong Terorisme

Senin, 5 Juni 2017 12:18 WIB

 

YOUTUBE

Sudut Kota Doha, ibukota Qatar

TRIBUNNEWS.COM, RIYADH – Tiga negara Arab memutuskan hubungan mereka dengan Qatar. Mereka adalah Arab Saudi, Bahrain, dan Uni Emirat Arab. Ketiga negara beralasan, Qatar menyokong aksi terorisme.

Menteri Luar Negeri Bahrain mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal tersebut hari ini, Senin (5/6/2017).

Dia mengatakan, negaranya mensuspensi hubungan diplomatik dalam rangka menjaga keamanan nasional.

Dengan adanya keputusan tersebut, para diplomat Qatar memiliki waktu 48 jam untuk meninggalkan negara kerajaan tersebut.

Selain itu, wilayah udara dan pelabuhan antara kedua negara akan ditutup dalam waktu 24 jam sejak pengumuman Bahrain dilakukan.

Menurut Bahrain, keputusannya didasarkan pada aksi destabilisasi yang dilakukan Qatar.

“Berdasarkan atas kengototan Qatar untuk melanjutkan aksi destabilisasi keamanan dan stabilitas Kerajaan Bahrain, mencampuri urusan Bahrain, melanjutkan hasutan di media, mendukung aksi teroris bersenjata, mendanai kelompok yang berasosiasi dengan Iran untuk menumbangkan dan menyebar kekacauan di Bahrain melalui aksi pelanggaran kesepakatan dan prinsip-prinsip hukum internasional tanpa memperhatikan niali-nilai, hukum, moral, mempertimbangkan prinsip-prinsip tetangga yang baik, atau komitmen terhadap konstanta hubungan Teluk, dan penolakan semua komitmen sebelumnya,” sebut pernyataan resmi Bahrain.

Kantor Berita Arab Saudi mengutip sumber pejabat Saudi mengatakan negara tersebut memutuskan hubungan dan menutup perbatasan, laut, bandara, dengan Qatar untuk melindungi keamanan nasional dari bahaya terorisme dan kelompok ekstrimis.

Media tersebut juga menulis, pemerintah Saudi juga akan mengajak sekutunya dan memulai prosedur hukum  secepatnya dengan negara-negara sahabat dan perusahaan internasional untuk menerapkan prosedur yang sama, dengan alasan yang berkaitan dengan keamanan nasional Arab Saudi.

Dalam pernyataannya, Mesir mengatakan Qatar sudah mengambil ‘jalur anti-Mesir’ dan Kairo tidak mampu mencegah negara tersebut untuk mendukung terorisme.

Sumber: CNN Money

SUMBER

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s