Mudik Gratis Tak Perlu Ngantre Jika Daftar via Online

Selasa, 06 Jun 2017 16:48 | editor : Suryo Eko Prasetyo

IKUTI PETUNJUKNYA, PAK: Petugas Dishub LLAJ Jatim membantu warga yang menanyakan aturan mudik gratis.

IKUTI PETUNJUKNYA, PAK: Petugas Dishub LLAJ Jatim membantu warga yang menanyakan aturan mudik gratis. (Dipta Wahyu/Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com – Dinas Perhubungan (Dishub) LLAJ Jawa Timur terus bersiap menyambut mudik Lebaran. Mereka kini membuka pendaftaran mudik gratis bagi warga Surabaya yang punya tujuan di dalam provinsi. Dishub juga menyiapkan skema agar arus masuk Surabaya tidak bertabrakan dengan arus keluar.

Kepala Bidang Angkutan Keselamatan Jalan Dishub LLAJ Jatim Isa Ansori menyatakan, pemerintah bakal mengerahkan 530 bus untuk mengangkut 73 ribu pemudik menuju 20 kota di wilayah Jawa timur. Bus tersebut disebar ke berbagai lembaga. Salah satunya adalah kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). ”Yang berangkat dari kantor kami sebanyak 10 ribu pemudik. Sedangkan sisanya kami kerahkan untuk mudik gratis lainnya,” ungkapnya.

Tahun ini pendaftaran mudik gratis berbeda dengan sebelumnya. Kali ini dishub menerapkan sistem pendaftaran online. Dengan demikian, insiden saling sikut saat pendaftaran tidak akan terjadi lagi. Bagi yang datang langsung ke kantor dishub, hanya disediakan antrean seribu tiket. ”Pendaftarannya dibagi dua. Lima ribu kursi untuk hari pertama Senin (5/6). Sedangkan sisanya bakal dibagikan Selasa (6/6),” jelasnya. Selain menyediakan armada bus, dishub menyediakan truk untuk mengangkut motor para pemudik. Sayang, kuota yang diberikan hanya untuk 400 motor dengan tujuan beberapa kota tertentu.

Penerapan sistem online disyukuri oleh Suparni, 42. Ibu dua anak itu baru mengetahui sistem pendaftaran mulai Senin (5/6) pagi dan langsung mengajukan tiket. Rupanya, tiket tersebut langsung bisa dicetak saat dia datang siangnya. ”Lebih enak. Kalau tahun-tahun kemarin harus desak-desakan dan mengantre lama. Sekarang nggak sampai sejam sudah selesai,” ujar perempuan yang setiap tahun mudik ke Banyuwangi itu.

Namun, tidak semua seberuntung Suparni. Contohnya, Bane Indro, 56, asal Rungkut Menanggal. Pria yang sudah dua tahun menjadi peserta mudik gratis Dishub Jatim itu terpaksa menelan ludah karena kehabisan nomor antrean. ”Saya sudah datang jam 08.00, tapi ternyata banyak yang ngantre mulai jam 5 pagi. Disuruh datang besok lagi,” ungkapnya.

Bane mengaku khawatir tidak mendapat kursi tahun ini. Apalagi, dia mengaku orang gaptek yang tidak tahu cara berselancar di dunia maya. ”Besok saya mau datang lagi. Tapi, berangkatnya setelah subuh,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait persiapan arus kendaraan pribadi saat mudik, Isa sudah menyiapkan skema agar tidak ada kemacetan signifikan saat puncak mudik. Salah satu caranya memisahkan jalur keluar dan masuk kendaraan di Jawa Timur.

Untuk jalur keluar, dishub telah merancang akses-akses tol baru mulai Surabaya sampai Ngawi. Tol yang belum selesai 100 persen itu bakal dibuka sebagai jalur kendaraan kelas 1 atau sekelas mobil pribadi keluar dari Surabaya. ”Misalnya, ruas tol baru Surabaya–Krian. Hanya, jalan fungsional ini hanya berfungsi dari pukul 09.00 sampai 17.00. Kecepatannya tidak boleh melebihi 60 kilometer per jam,” ingatnya.

Arus masuk dari wilayah luar Jawa Timur bakal tetap diarahkan ke jalur protokol konvensional. Dengan begitu, jalur-jalur tersebut bisa diberlakukan satu arah jika keadaan mendesak. ”Tahun ini kami perkirakan ada kenaikan jumlah kendaraan pribadi mencapai double digit. Misalnya, Surabaya–Madura yang diperkirakan naik 39 persen dari 98 ribu kendaraan per hari menjadi 137 ribu kendaraan,” jelasnya. (bil/c6/oni)

 sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s